Tanaman-Tanaman Berkhasiat Dalam Alquran

Eramuslim – Ada banyak tumbuhan yang hidup di muka bumi yang belum terungkap khasiat dan manfaatnya. Sang Khaliq menciptakan segala sesuatu tidak pernah sia-sia, tak terkecuali tanaman (QS al-An’am: 99).

Berbagai upaya dilakukan  para ilmuwan, termasuk para cendekiawan Muslim untuk menguak rahasia tananaman itu. Salah satu pakar botani Muslim Abad Pertengahan ternama adalah ad-Dinawari (828-896 M) melalui bukunya berjudul an-Nabat. Berikut ini, beberapa tanaman berkhasiat yang pernah disebutkan dalam Alquran:




Kurma

Alquran menyebutkan tanaman ini hingga 20 kali. Kurma kering bisa menguatkan sel-sel usus dan membantu melancarkan saluran kencing, kurma basah berguna mencegah terjadinya pendarahan pada perempuaan saat melahirkan, pencegah stroke. Mengonsumsi tujuh kurma bisa menangkal sihir dan racun. (HR Bukhari-Muslim).

Jahe                         

Tanaman obat dan berkhasiat lainnya yang diabadikan Alquran adalah jahe QS surah al-Insan: 17. “Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.” Jahe berfungsi untuk mengembalikan metabolisme tubuh, memberikan efek kehangatan, penangkal masuk angin dan lainnya. Abu Nu’aim dalam ath-Thibb an-Nabawi, Rasulullah SAW sangat suka mendapatkan hadiah satu bejana jahe dari Raja Romawi.


Tin

Selain zaitun, demi buah tin inilah Allah SWT bersumpah, sebagaimana termaktub pada surah at-Tiin ayat 1 dan 2. Tin ternyata mengandung kalium, omega 3 dan 6, fenol dan magnesium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga serangan jantung koroner. Selain juga kandungan serat makanan yang cocok dan disarangkan untuk diet. (rol)




Tanaman-Tanaman Berkhasiat Dalam Alquran Tanaman-Tanaman Berkhasiat Dalam Alquran Reviewed by admin dua on Desember 27, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar