Satgas TMMD Ke 106 Dalam Membangun Jembatan. Kali Ini Pemasangan ‘Cerucuk’





Sambas, Kalbar – Memasuki hari ke tiga pelaksanaan TMMD 106 Kodim 1202/Singkawang, Satgas TMMD bersama masyarakat Desa Mekar Jaya dibawah Kapten Inf Sujarno masih bertempur dengan pekerjaan fisik yaitu pembukaan Jembatan, Jumat (04/10/2019).

Kapten Inf Sujarno terlihat dengan serius mengawasi satgas TMMD yang sedang melaksanakan pekerjaan membuat pasangan cerucuk disalah satu sungai yang dilewati Jembatan.

“Kontrol terhadap pekerjaan yang dilakukan, sehingga target capaian kerja dapat terpenuhi dengan harapan pekerjaan ini dapat selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan,” kata Kapten Inf Sujarno.

Kemudian, Kapten Inf Sujarno juga menjelaskan pekerjaan fisik yang dilakukan oleh satgas TMMD seperti , pembukaan jalan, penimbunan dan pemasangan kayu cerucuk untuk jembatan.

Lanjut Kapten Inf Sujarno,  Pekerjaan terakhir yakni sangat mengusik “Cerucuk”. Setelah ditelusuri ternyata cerucuk merupakan istilah pada ilmu konstruksi bangunan.

Cerucuk adalah pondasi yang didesain untuk membangun diatas kondisi tanah yang kurang mendukung dengan kondisi tanah yang kurang stabil dimana elevasi muka air tanah yang cukup tinggi. Pondasi Cerucuk menancapkan kayu sebagai daya dukung tanah. Hampir sama dengan prinsip pondasi pancang.

Itulah yang dilaksanakan oleh satgas TMMD Sebelumnya dipasang kayu cerucuk yang menjadi dasar dari kondisi tanah yang merupakan rawa.

Luar biasa, yang dilakukan satgas TMMD bersama masyarakat Desa Mekar Jaya dalam mewujudkan Desa Mekar Jaya yang maju, sejahtera dan demokratis.

Pen/nug
Satgas TMMD Ke 106 Dalam Membangun Jembatan. Kali Ini Pemasangan ‘Cerucuk’ Satgas TMMD Ke 106 Dalam Membangun Jembatan. Kali Ini Pemasangan ‘Cerucuk’ Reviewed by Della on Oktober 05, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar