Bidhumas Polda Bali Supervisi ke Polres Buleleng





Buleleng,  Bali - Keberadaan Humas di institusi Polri sekarang ini bukan lagi sebagai fungsi pendukung, melainkan sudah menjadi fungsi utama. Peran Humas adalah memberikan informasi kepada publik secara obyektif, sehingga tercipta citra dan opini publik yang positif terhadap Polri. 

Dalam rangka meningkatkan kinerja kehumasan, Tim II Supervisi Bidhumas Polda Bali yang dipimpin Kasubbid PID, AKBP I Made Rustawan, S.H., M.H. melaksanakan supervisi ke Polres Buleleng, Kamis (10/10/2019).

Kedatangan tim supervisi diterima Kapolres Buleleng, AKBP Suratno, S.I.K. diruang kerjanya. Selanjutnya diarahkan menuju ruang Command Center untuk memberikan arahan sekaligus mengecek kinerja personel Humas Polres Buleleng.

AKBP I Made Rustawan, S.H., M.H. mengatakan, Polres Buleleng menjadi Polres ketiga yang dikunjungi Tim II Supervisi Bidhumas Polda Bali setelah Polres Gianyar dan Bangli. Kedatangannya bukan melakukan pemeriksaan untuk menemukan kesalahan Humas, tetapi untuk mengetahui apa saja kendala dan masalah yang dihadapi personel Humas Polres Buleleng.

Kemudian ia meminta kepada personel Humas jajaran Polres Buleleng agar meningkatkan kinerja yang lebih baik dalam pembuatan dan penyampaian informasi melalui media sosial, online, cetak dan elektronik. Berita yang diupload harus menggunakan bahasa media, bukan dalam bentuk laporan.

“Yang paling penting adalah isi beritanya bagus, menarik dan sesuai kaidah jurnalistik minimal terpenuhinya unsur 5W+1 H, yaitu What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa) dan How (bagaimana),” terang AKBP I Made Rustawan, S.H., M.H. selaku Ketua Tim.

Untuk itu, Bidhumas akan melakukan penguatan SDM dengan memberikan pelatihan ke Polres jajaran Polda Bali. “Kami berencana menyurati para Kabag Sumda untuk menyiapkan personel dari masing-masing satuan fungsi sebagai pengemban PPID untuk mengikuti pelatihan fungsi kehumasan,” ujarnya.

Kasubag Humas Polres Buleleng, Iptu I Gede Sumarjaya, S.H. menyampaikan bahwa tugas humas saat ini sangat berat seiring dengan perkembangan teknologi. Ia mengungkapkan, Humas sekarang ini masih menonjolkan quantitas bukan kualiatas.

“Pesan dari informasi yang ingin disampaikan ke masyarakat masih sangat jauh, sebab masih mengutamakan quantitas daripada kualitas. Selain itu, struktur organisasi ditingkat Polres harus diperjelas, siapa melaksanakan tugas PID, Penmas dan Mulmed, karena saat ini kami masih bekerja secara keroyokan,” jelasnya.

Humas
Bidhumas Polda Bali Supervisi ke Polres Buleleng Bidhumas Polda Bali Supervisi ke Polres Buleleng Reviewed by berita on Oktober 10, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar