Wisata Alam Bukit Lawang, Langkat, Sumut




Wisata alam Bukit Lawang adalah tempat orang - orang berwisata atau rekreasi yang dikunjungi oleh Domestik maupun mancanegara. Bukit Lawang yang diartikan pintu menuju ke Bukit, Bukit Lawang  terletak di Selatan TNGL ( Taman Nasional Gunung Leuser ) sekitar 90 kilometer barat laut Medan ibukota sumatera utara.


Pada tahun  1973 WWF dan Frankfurd zoological society menjalankan program pusat rehabilitasi orang utan jinak untuk dilepas liarkan ke dalam hutan, pada mulanya pusat rehabilitasi orang utan ini hanya dikunjugi oleh para peneliti ataupun konservasionis.

Setelah itu daerah ini berubah menjadi pusat pengamatan orang utan dan menjadi objek wisata yang ramai pengunjungnya mulai dari pengunjung domestik maupun pengunjung manca negara, mulai dari tahun 1973 sampai 2001 tercatat 229 orang utan berhasil disita dari peliharaan dan perdangan satwa dan dilepas liarkan dan dilepaskan dihutan  tropis TNGL ini.
orang utan


Keanekaragaman yang akan kita temui di wisata alam Bukit Lawang  ini adalah seperti sungai yang jernih, sungai yang jernih ini dimanfaatkan oleh pengunjung untuk mandi dan berenang karena air yang jernih ini ada yang tenang dan ada juga yang dalam. Selain untuk mandi – mandi digunakan juga untuk tubing.

tubing ini yang asik buat menguji adrenalin kita, kita bisa menyewa ban. Ban yang sudah disediakan  di sungai bukit lawang ini sangat banyak tantangannya seperti sungainya yang deras, bebatuannya yang besar, liku – liku sungai yang menantang.  Selain tubing kita juga bisa trekking  untuk menelusuri hutan TNGL (Taman Nasional Gunung Leuser) mulai dari tempat kita menginap kita  bisa berjalan kaki menelusuri TNGL (Taman Nasional Gunung Leuser) ini tetapi ingat jangan sampai kita tidak mengajak pemandu atau guide karena  tanpa pemandu kita tidak bisa menelusuri hutan karena kita tidak tahu jalannya.


Bila kita sudah dapat pemandunya atau guide kita bisa mulai  treking dengan berjalan kaki menelusuri hutan melewati tebing – tebing jalan yang tanahnya licin, menyeberangi sungai – sungai kecil, mendaki perbukitan. Nah… sesudah kita sampai di dalam hutan TNGL (Taman Nasional Gunung Leuser) disitu baru kita akan menikmati flora dan fauna bebas liar yang utamanya adalah mawas (orang utan ). Satwa yang dibebasliarkan ini sangat langka di dunia. Karena di dunia ini cuma ada di Indonesia yaitu di Kalimantan dan di Sumatera Utara yaitu di hutan TNGL (Taman Nasional Gunung Leuser) tepatnya di wisata alam Bukit Lawang.


Orang utan ini sangat suka melihat manusia yang menjenguk dia karena kita pasti membawa makanan, dia ingin minta makanan kita selain orang utan ( mawas ) kita juga bisa berjumpa dengan kedih, siamak, badak sumatera, macan tutul, kambing hutan, harimau sumatera. Itu baru fauna kalau floranya kita bisa melihat bunga raflesia, yaitu bunga terbesar di dunia dan bunga amarphophallus, bunga tertinggi di dunia dan juga pepohonan yang tinggi dan besar.

Setelah kita puas memandang – mandang dan menikmati isi hutan tropis TNGL (Taman Nasional Gunung Leuser) ini kita bisa beranjak pulang, kita pulang ada 2 jalur yaitu jalur darat dan jalur sungai. Kalau jalur sungai bisa memesan ban dari awal sebelum berangkat menuju hutan TNGL (Taman Nasional Gunung Leuser) sesudah sampai kita bisa istirahat di penginapan yang ada di Bukit Lawang, di Bukit Lawang ini sangat banyak penginapan dari penginapan yang kecil sampai hotel yang besar.
Wisata Alam Bukit Lawang, Langkat, Sumut Wisata Alam Bukit Lawang, Langkat, Sumut Reviewed by Tag on Desember 27, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar