Candi Prambanan, Yogyakarta




Deretan candi delapan yang besar dengan 3 yang terbesar dan puluhan yang kecil kecil menyuguhkan pemandangan yang sangat cantik. Sayang, karena gempa sebagian dalam kondisi rusak meskipun sudah mulai di renovasi. Candi-candi yang di bangun di abad ke-10 pada masa pemerintahan dua raja, Raja Pikatan dan Rakai Balitung itu terletak 17 kilometer dari kota Yogyakarta.

Menjulang tinggi dan ramping setinggi 47 meter-lebih tinggi 5 meter dari Candi Borobudur-menunjukan kejayaan hindu di tanah jawa. Prambanan di sebut juga sebagai Candi simbol cinta. Legenda yang selalu di ceritakan masyarakat jawa memang mengenai tentang cinta seorang laki-laki biasa namun sakti bernama Bandung Bandowoso pada putri raja Boko bernama Roro Jonggrang. Karena sang putrid tidak menyukainya, ia meminta Bondowoso membuat candi dengan 1.000 arca dalam semalam.

Bondowoso hampir menyelesaikan pekerjaanya ketika Jonggrang meminta warga desa menumbuk padi dan membuat api besar agar terbentuk suasana seperti pagi hari. Bodowoso yang baru dapat membuat 999 arca sangat murka dengan kecurangan Jonggrang. Ia kemudian mengutuk Jonggrang menjadi arca yang ke-1.000. Masihkah ada arca sang putrid? Di suatu ruangan ada candi Siwa ada arca Durga yang di sebut –sebut sebagai jelmaan Roro Jonggrang.

___________________________________________________________




Candi Prambanan, Yogyakarta Candi Prambanan, Yogyakarta Reviewed by Tag on September 30, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar